Senin, 24 Maret 2014

IBM & Kementerian Koperasi Tingkatkan Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

Perusahaan penyedia perangkat lunak dan keras komputer IBM, bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan Universitas Pancasila, Kamar Dagang Industri (Kadin) beserta lembaga lainnya bekerjasama untuk meningkatkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.
 
Untuk meningkatkan pengembangan kewirausahaan itu, Universitas Pancasila menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema “Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan bagi Mahasiswa di Indonesia” pada 6 Maret 2014.

Mengutip dari keterangan yang diterbitkan, Selasa (11/3/2014), seminar ini juga dilaksanakan atas kerja sama IBM Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan Universitas Pancasila.

IBM, perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan lunak komputer ini memiliki program Corporate Social Responsibilities dalam meningkatkan pertumbuhan kewirausahaan dengan penyelenggara Small Medium Enterprise Boost Workshop bagi kalangan mahasiswa yang akan dilaksanakan di 12 Universitas di seluruh tanah air.

Program ini dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Kementerian Negara Usaha Kecil dan Menengah, Kamar Dagang Indonesia (KADIN), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), US Asean Business Council, Pemerintah daerah (PEMDA), dan Universitas Pancasila.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan memberikan hibah Rp 200 juta yang akan diberikan kepada 10 mahasiswa terpilih sebagai modal berwirausaha.

Universitas Pancasila merupakan satu dari 12 Universitas yang akan mendapatkan dana bergulir senilai Rp 200 juta dengan alokasi anggaran per mahasiswa sejumlah Rp 20 juta.

Dengan program ini diharapkan dapat memicu mahasiswa untuk menjadi wirausaha dengan memberdayakan dirinya, keluarganya, lingkungannya sehingga mampu meningkatkan perekonomian di wilayahnya. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia khususnya mahasiswa Universitas Pancasila untuk menjadi wira usaha.

Selain itu, mahasiswa ini seusai lulus diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk mensejahterakan diri sendiri, lingkungannya serta bagi bangsa Indonesia pada umumnya serta menciptakan pengusaha yang berwawasan global dalam era perdagangan bebas.

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan lebih besar.

Sumber : Liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar